Agenda ini merupakan kegiatan yang sudah dirancang oleh Biro Hubungan & Komunikasi Lintas Agama PC PMII Pasuruan.

Pasuruan- Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pasuruan adakan safari ke tempat peribadatan umat konghucu, Rumah Kelenteng Tjio Tek Kiong Pasuruan di Jl. Lombok No.7, Trajeng, Kec. Gadingrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur 67132, Sabtu (20/10/2023).

PC PMII Pasuruan beserta sahabat-sahabat PMII se- Pasuruan disambut hangat olek Ketua Rumah Keletnteng Tjio Tek Kiong Bapak Yudi Dharma Santoso, ia juga selaku Rohaniawan agama konghucu dan sebagai juru penerang di rumah klenteng Tjio Tek Kiong Paauruan.

Ia mengungkapkan rasa syukur dan bersuka cita, Ia sangat terbuka sekali bagi siapapun yang ingin berkunjung untuk beredukasi mulai dari TK, SD, SMP, SMA, Mahasiswa ataupun organisasi lainnya. “Bagi saya klenteng merupakan aset budaya yang di miliki oleh negara indonesia, apalagi ini juga merupakan aset budaya yang dimiliki oleh Pasuruan.” Ungkapnya.

Agenda ini merupakan tindak lanjut dari silaturahmi yang diadakan oleh Biro Hubungan & Komunikasi Lintas Agama PC PMII Pasuruan. “Safari ke tokoh agama, serta rumah ibadah lintas agama Pasuruan ini memiliki tujuan untuk menyambung silaturahmi antar lintas agama dipasuruan sebagai Pemuda yang memiliki peran merawat kerukunan di Pasuruan sudah seyogyanya dekat dengan semua elemen masyarakat. Jejaring kita tidak hanya NU, Pesantren, Perguruan Tinggu, namun juga Masyarakat salah satunya masyarakat dengan lintas agama, keyakinan serta kepercayaan. Hal ini kami lakukan sebagai bentuk memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia serta melanjutkan apa yang sudah diwariskan oleh para pendahulu kita para Ulama’ NU.” Ungkap Nur Rizky Amania selaku Ketua PC PMII Pasuruan.

Sahabat Yasin selaku kordinator bidang komunikasi lintas agama PC PMII Pasuruan juga menyampaikan bahwasanya kegiatan silaturahmi tempat peribadahan umat non muslim tidak hanya di lakukan sekali ini saja. Namun, dia berharap agar bisa dilakukam juga di tempat rumah peribadahan umat agama yang lainnya agar bisa memperkuat nilai nilai toleransi dalam bergama dan bernegara.

Kegiatan ini dihadiri dari beberapa delegasi Pengurus Komisariat, Rayon dan juga Pengurus Cabang PMII Pasuruan. Kegiatan ini di awali dengan sarasehan bersama dengan lebih mengenal cagar cagar budaya, berkeliling mengenal sejarah masuknya agama Konghucu di Pasuruan serta kami dikenalkan nilai-nilai kebudayaan yang ada di Kelenteng tersebut.

“Kami senang sekali bisa melakukan Safari ini mengenal lebih dalam tentang Agama Konghucu, hal ini membuka kesadaran kepada kita semua sebagai generasi muda pentingnya saling mengenal satu sama lain agar kita bisa memiliki pemikiran terbuka.” Begitu kata Yasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beranda
Informasi
Komisariat
Administrasi
Cari